Jumat, 26 Oktober 2012

Muay Thai

udah lama ngak posting nih, akhirnya gua posting juga. meskipun seperti biasa lah
KOPAS


Sejarah Singkat Muaythai

Muaythai atau Thai Boxing berkembang sejak hampir 1000 tahun yang lalu di Thailand dan telah menjadi olahraga nasional bangsa Thailand. Asal mula olahraga ini bernama Krabbi Krabbong. Pada masa pemerintahan Raja Phra Cao Sua (1702), yang juga dikenal dengan “Tiger King”, beliau mengajarkan Muaythai pada seluruh bala tentaranya. Raja sangat mencintai Muaythai.

Tahun 1774 telah dikenal petarung bernama Nai Khanom Tom, karena perangnya melawan Burma. Waktu itu ia tertangkap bersama dengan beberapa orang dari kota Siam (sekarang Thailand) yang bernama Ayyuthaya, lalu dipenjara di Burma. Nai Khanom Tom adalah petarung hebat pada masanya. Ia mewakili teman-temannya dalam sebuah kontes pertarungan yang diadakan Raja Mangra. Tanpa halangan ia pun berhasil mengalahkan sepuluh petarung terbaik Burma sekaligus dengan tangan kosong. Setelah itu Raja memberikan kebebasan sebagai hadiahnya, dan ia pun kembali ke Ayyuthaya sebagai seorang pahlawan.

Sejak itu seluruh tentara di Thailand berlatih untuk menggunakan Muaythai sebagai bekal apabila mereka perang jarak dekat tanpa senjata. Sejarah tersebut telah melegenda di seluruh pelosok dan menjadi bagian dari kebudayaan Thailand. Sekarang semua orang di Thailand sangat akrab dengan olahraga Muaythai ini sejak masih anak-anak. Bahkan disetiap desa sering melakukan kejuaraan-kejuaraan untuk mempunyai juara-juara yang tangguh.




Tekhnik dasar Muay Thai


Olahraga asal Thailand ini telah berkembang meluas ke seluruh dunia, termasuk Indonesia. Muay Thai dipraktekkan di berbagai negara dengan peraturan yang berbeda-beda tergantung di negara mana pertarungan berlangsung dan di bawah peraturan organisasi apa pertandingan tersebut diatur. Selain untuk pertandingan, Muay Thai juga telah menjadi gaya hidup. Terdaftar sebagai kelas khusus di tempat-tempat kebugaran ialah bukti bahwa Muay Thai telah digemari sebagai salah satu kegiatan menyehatkan.

PUKULAN


Jab: Pukulan lurus dengan menggunakan tangan kiri. Untuk Anda yang kidal, pukulan dilakukan dengan menggunakan tangan kanan. Target pukulan jab adalah wajah dan tubuh bagian depan.
Strike: Pukulan lurus dari arah belakang dengan tangan lain yang tidak digunakan saat pukulan jab. Jika pukulan jab Anda menggunakan tangan kiri, maka strike menggunakan tangan kanan Anda dan sebaliknya. Target pukulan strike sama dengan jab.
Hook: Pukulan menyamping. Targetnya adalah wajah dan tubuh bagian samping.
Upper Cut: Pukulan dari bawah ke atas. Targetnya lebih banyak lagi, bisa tubuh bagian samping maupun depan. Selain itu, dagu juga menjadi target pukulan ini.

TENDANGAN


Vertical: Gerakan dengan menggunakan sikut yang bergerak dari atas ke bawah.
Horizontal: Serupa dengan gerakan sikut vertical namun gerakan sikut yang ini sejajar.
Smashing Elbow: Gerakan dengan sikut yang menyerupai gaya smash.
Upper Cut Elbow: Sama dengan pukulan upper cut namun fokus pada sikut. Sikut digerakkan dari bawah ke atas.

0 komentar:

Posting Komentar